CARI HOTEL/TIKET PESAWAT/KERETA API MURAH DAN PROMO!

Pegipegi

Senin, 15 Agustus 2016

Heboh Isu Mentri ESDM Memiliki Kewarganegaraan Amerika

JAKARTA, RAKYATMURIA.COM-Publik di Indonesia lagi heboh dengan isu tak sedap soal kewarganegaraan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar, yang saat ini masih dikabarkan berstatus sebagai warga negara negara Amerika Serikat (AS).

Menurut informasi yang beredar, Arcandra yang pernah tinggal selama 20 tahun di Amerika Serikat (AS) ini dikabarkan telah menjadi warga negara Paman Sam sejak 2012.Seperti dikutip dari Sindonews, Menteri hasil perombakan (reshuflle) kabinet jilid II ini ternyata telah menjadi warga negara AS melalui proses naturalisasi. Arcandra telah mengambil oat of allegiance atau sumpah setia yang bersangkutan kepada Negeri Abang Sam.

Indonesia hingga kini tidak mengakui sistem dwi kewarganegaraan. Maka, secara otomatis status warga negara Indonesia (WNI) yang bersangkutan gugur seiring dengan dilakukannya sumpah setia tersebut.
‎Orang dekat Arcandra Tahar, Wakil Deputi I Kantor Staf Kepresidenan Yuni Rusdinar ‎tidak menampik namun juga tidak membenarkan kabar tersebut. Menurutnya, dalam waktu dekat Arcandra kemungkinan akan memberikan penjelasan mengenai hal tersebut.

"‎Oh mohon maaf, saya belum ketemu bapak (Arcandra Tahar). Saya lagi keluar kota. Nanti mungkin ada penjelasannya lah (soal status kewarganegaraan Arcandra)," katanya di Jakarta, Sabtu (13/8/2016).
Sementara itu, Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Ronny F. Sompie menyatakan pihaknya telah mengantongi data terkait isu paspor AS yang diduga dimiliki Menteri ESDM Arcandra Tahar.

"Data itu sudah diperoleh. Artinya data perlintasan beliau saat keluar negeri, beliau kembali ke Indonesia menggunakan paspor, sudah kita dapatkan datanya," ujar Ronny di sela kegiatan Independence Day Ride Bike 2016 dalam menyambut HUT RI di Depok, Jawa Barat, Minggu (14/8/2016) seperti dilansir Bisnis.com.

Namun ia tidak memberi penjelasan saat ditanya benar tidaknya isu paspor Amerika Serikat yang dikantongi Arcandra. Ronny menyebut kewenangan menyampaikan informasi tersebut berada di Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly.
"‎Nanti ditanya aja. Nanti ada waktunya ketika penjelasan diberikan. Tapi saya enggak tau soal pertanyaan ini. Sementara ini nanti dulu‎," tandasnya. (AL/SN/BI/MJ)

Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Heboh Juga

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search