CARI HOTEL/TIKET PESAWAT/KERETA API MURAH DAN PROMO!

Pegipegi

Senin, 15 Agustus 2016

HEBOH! Longsor di Purworejo Memunculkan Batu Undakan Diduga Candi

TRIBUNNEWS.COM, PURWOREJO - Undak-undakan bebatuan mirip candi dengan panjang sekitar 200 meter, ditemukan di Dusun Makem Dowo RT 02/06 Desa Sidomulyo, Kecamatan Purworejo.

Kumpulan batu mirip candi yang terletak di ereng-ereng bukit Pajangan, Desa Sidomulyo, itu tampak seperti bangunan candi yang ditemukan berada di permukaan tanah di lokasi longsor yang terjadi pada 19 Juni lalu.

"Sebenarnya batu itu sudah terlihat sudah lama. Tapi warga setempat selama ini tidak begitu memperhatikan," tutur Turip (45), warga Desa Sidomulyo, Minggu (14/8/2016).

Dikatakan, bebatuan itu muncul mirip candi, secara tampak nyata setelah terjadi longsor. "Setelah terjadi longsor, longsoran bebatuan tersebut membentuk persegi dengan panjang sekitar 1,5 meteran," lanjutnya.

Tak hanya itu, di sekitar lokasi juga ditemukan jalan berundak-undak dan lokasi sejenis pemandian.

Terpisah, Kasi Sejarah Purbakala dan Nilai Tradisi pada Dikbudpora Kabupaten Purworejo, Drs. Eko Riyanto saat dikonfirmasi mengatakan, bebatuan yang berada di pegunungan Pajangan itu diperkirakan sejenis batu andesit.

"Namun anehnya bebatuan itu tertata rapi. Tapi saya belum bisa memastikan apakah itu batu peninggalan atau bukan. Yang jelas ini menarik untuk diteliti lebih lanjut oleh tim giologis," kata Eko.

Disampaikan, dalam waktu dekat ini ahli geologi dari UII Yogyakarta akan datang dan meneliti batu tersebut. (sumber: sorotpurworejo.com)

Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Heboh Juga

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search