CARI HOTEL/TIKET PESAWAT/KERETA API MURAH DAN PROMO!

Pegipegi

Kamis, 22 Desember 2016

Kaleidoskop 2016: 50 Berita Heboh Sepanjang 2016 (Bagian 4)

Kaleidoskop 2016: 50 Berita Heboh Sepanjang 2016 (Bagian 4)

22 Dec 2016


Foto: AFP/ Valery Hache, App Store, Yani Lauwoie, Stocksnap.io, Instagram, Askfm/ @awkarin, AFP/Adek Berry, badmintonindonesia.org

Aksi terorisme dan pemberontakan mewarnai media massa sepanjang Juli - September 2016. Selain itu, dari tanah air munculnya selebgram bergaya hidup bebas, Karin Novilda atau Awkarin mencuri perhatian netizen, sekaligus membangkitkan kecemasan para orang tua.

1/ Aksi Terorisme Menjelang Hari Raya
Menjelang hari raya, dunia diguncang aksi terorisme yang terjadi secara berurutan. Setelah Turki dan Irak diguncang bom, serangan teror juga terjadi di dekat Masjid Nabawi, Madinah dan dua kota lainnya di Arab Saudi (4/7). Di Indonesia, publik juga dikejutkan dengan keberadaan bom di Kantor Mapolresta Solo sehari sebelum Lebaran (Selasa 5/7). Ledakan ini mengakibatkan 1 orang meninggal (yang diduga adalah pelaku) dan seorang petugas polisi yang terluka.

2/  Perayaan Hari Bastille di Prancis dikejutkan dengan serangan teror (14/7). Seorang pria mengemudikan truknya dalam kecepatan tinggi ke kerumunan orang yang baru menikmati pesta kembang api di French Riviera, Nice, pada Kamis malam sekitar pukul 22.30 waktu setempat. Kepanikan menjalar seketika. Orang-orang berlarian, sebagian lagi tiarap mendengar suara tembakan, anak-anak menangis. Korban jiwa berjatuhan di jalan.
Saat itu, ada sekitar 1000-1500 orang yang sedang berkumpul merayakan Hari Bastille yang dirayakan setiap tanggal 14 Juli di Prancis. Korban jiwa dari serangan teror ini tercatat mencapai 80 orang dan ratusan orang terluka.

Selain di Prancis, kabar bentrokan di Turki juga menarik perhatian publik. Pada Sabtu (16/7) dini hari, sekelompok pemberontak berusaha melakukan kudeta di Turki. Bentrokan besar meletus di Ankara dan Istanbul. Situasi di Turki mencekam selama 5 jam. Tank-tank turun ke jalan, sejumlah jet dan helikopter tempur dikuasai pemberontak. Jembatan Bhosporus yang menghubungkan Asia dan Eropa di Istanbul diblokade pemberontak. Di hari yang sama, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa kudeta telah gagal dan pemerintah kembali mengontrol negara. Ini 6 hal yang perlu diketahui tentang kudeta di Turki.

3/ Game Pokemon GO mewabah dunia. Dalam waktu satu hari setelah dirilis tanggal 6 Juli kemarin, menurut situs VentureBeat, aplikasi game dari Nintendo tersebut menjadi no.1 di iOS dalam hal pendapatan mobile—mengalahkan game Clash Royale. Padahal, saat itu, Pokemon GO baru dirilis di 3 negara. Dan akan terus dirilis di beberapa negara lain di dunia. Tak sedikit yang dijangkiti game ini, termasuk kalangan selebritas Hollywood. Banyak kejadian unik yang lahir gara-gara game ini, dari ketahuan selingkuh,  menemukan mayat,tempat-tempat public dan kafe yang melarang Pokemon Go, dan tidak sedikit juga yang berakibat membahayakan nyawa.

4/ Pelantun tembang Snow on The Sahara, Anggun C. Sasmi (42), menjadi wanita Indonesia pertama yang dibuatkan patung lilin oleh museum patung lilin Madame Tussauds. Ia akan bergabung dengan para pesohor dunia seperti Oprah Winfrey, Naomi Campbell, dan lainnya, di museum patung lilin Madame Tussauds Bangkok, Thailand. Sebelumnya, sosok dari Indonesia yang sudah pernah dibuatkan patung lilin adalah Presiden RI pertama, Soekarno.
Nantinya patung Anggun akan berpose duduk di kursi juri Asia's Got Talent.  Prosesnya sendiri memakan waktu 6 bulan. Patung lilin Anggun bisa ditemui di Madame Tussauds Bangkok mulai September 2016.

5/ Kasus terbunuhnya Wayan Mirna Salihin setelah meminum kopi Vietnam di Cafe Olivier, Grand Indonesia, Rabu (6/1/2016), begitu menyedot perhatian publik. Dalam kasus ini, Jessica Kumala Wongso, yang tak lain adalah sahabat dekat Mirna, menjadi terdakwa kasus tersebut. Namun demikian, banyak teori dan spekulasi yang muncul tentang motif dan siapa pelaku yang sesungguhnya. Klik ini untuk membaca 5 fakta dari kasus pembunuhan Mirna yang menjadi perbincangan publik.

6/ Karin Novilda, selebgram dengan akun media sosial @awkarin sekaligus vlogger dengan subscriber mencapai hampir 150 ribu menjadi trending pembicaraan. Vlognya yang terbaru, Gaga's Birthday Party & My Confession, ditonton lebih dari 1,4 juta kali. Gaya hidupnya yang bebas—seperti merokok, minum alkohol, gemar berpesta, dan tampil seksi ironisnya membuat Karin diidolakan banyak remaja. Di balik fenomena Awkarin ini, ada tujuh hal yang harus dikhawatirkan.
 
7/ Presiden Joko Widodo kembali merombak 12 jabatan menteri di jajaran Kabinet Kerja. Pelantikan menteri baru ini dilakukan pada tanggal 27 Juli pukul 13.30 di Istana Negara. Setelah berkiprah di dunia internasional dengan menjadi Managing Director dan Chief Operating Officer World Bank, Sri Mulyani pun kembali mengabdi untuk Indonesia sebagai Menteri Keuangan. Klik ini untuk melihat daftar lengkap nama-nama menteri yang dilantik.

8/ Group-group orang tua di WhatsApp heboh membahas gagasan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy soal sistem belajar full day school. Gagasan Mendikbud ini merujuk kepada arahan Presiden Joko Widodo mengenai kondisi ideal pendidikan di Indonesia dengan memenuhi pendidikan karakter di sekolah tersebut, sehingga progam belajar di sekolah sehari penuh pun diusulkan. Harapannya, para pelajar akan terhindar dari pengaruh-pengaruh negatif dan kontraproduktif karena usai jam sekolah ada jeda sebelum mereka kembali bertemu orang tua di rumah. Baca tanggapan para orangtua serta pro-kontra lainnya DI SINI.

9/ Setelah meraih dua medali perak melalui Sri Wahyuni Agustiani dan Eko Yuli Irawan dari cabang angkat besi, Indonesia kembali tersenyum di ajang Olimpiade Rio. Tepat di hari kemerdekaan RI yang ke-71, ganda campuran Indonesia dari cabang bulu tangkis, Liliyana Natsir/Tontowi Ahmad mempersembahkan medali emas dengan mengalahkan ganda Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, 21-14, 21-12. Ini kisah perjuangan mereka.

10/ Adanya kasus Zika yang ditemukan di Singapura membuat beberapa negara lain mengeluarkan travel warning. Amerika Serikat, melalui lembaga kesehatan Centers for Disease Control and Prevention, menghimbau warganya yang hendak bepergian ke Singapura untuk mengambil tindakan pencegahan, termasuk menggunakan kondom saat berhubungan seks. Soalnya, virus zika bisa ditransmisi lewat hubungan seksual. Selain Amerika, Australia, Taiwan, dan Korea Selatan juga mengeluarkan larang berkunjung untuk wanita hamil. Baca DI SINI untuk informasi larangan bepergian ke tempat yang terjangkit zika. (f)

Baca juga:

Rahma Wulandari


Topic

#Kaleidoskop2016


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Heboh Juga

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search