CARI HOTEL/TIKET PESAWAT/KERETA API MURAH DAN PROMO!

Pegipegi

Selasa, 19 Juli 2016

Penemuan Wajan Raksasa Membuat Heboh Masyarakat

LIHAT LOKASI: Warga sedang melihat ke lokasi penemuan benda mirip wajan raksasa di dalam Masjid Al Furqon, Karangasem Utara yang sedang direnovasi.(suaramerdeka.com/ Trisno Suhito)

LIHAT LOKASI: Warga sedang melihat ke lokasi penemuan benda mirip wajan raksasa di dalam Masjid Al Furqon, Karangasem Utara yang sedang direnovasi.(suaramerdeka.com/ Trisno Suhito)

BATANG, suaramerdeka.com – Warga di Kelurahan Karangasem Utara, Batang, dikejutkan dengan penemuan wajan berukuran besar di bawah Masjid Al Furqon, Kelurahan Karangasem Utara, Batang. Penemuan benda berdiameter tiga meter tersebut membuat heboh masyarakat. Polisi terpaksa memasang garis polisi, karena banyak warga yang mendatangi lokasi tersebut.

Lurah Karangasem Utara Maskichan mengatakan, benda berukuran besar yang mirip wajan raksasa tersebut ditemukan saat dilakukan penggalian untuk renovasi total di Masjid Al Furqon. Rencananya, masjid tersebut akan dibangun ulang dengan berlantai dua."Saat dilakukan penggalian di bagian yang rencananya akan dijadikan untuk penempatan tiang masjid, ternyata ada benda berukuran besar di dalamnya. Setelah dicek, bentuknya seperti wajan besar dengan diameter sekitar tiga meter,"tuturnya, Senin (18/7).

Benda tersebut terbuat dari besi tembaga yang anti karat dan wujudnya masih utuh. Diduga wajan jumbo ini merupakan peninggalan pabrik gula Kalimati, Batang, di masa Belanda. Dari keterangan warga, di lokasi masjid sekarang ini dulunya merupakan tempat gudang pabrik tebu."Wajan tersebut kemungkinan untuk memasak gula. Di sampingnya juga ada semacam pipa air yang menandakan di tempat tersebut saling terkait satu sama lain dan merupakan lokasi pengolahan pabrik gula,"tuturnya.

Kepala Disbudpar Batang Bambang Supriyanto yang secara langsung mengecek ke lokasi mengatakan hal senada. Menurut Bambang, wajan besar yang ditemukan diduga ada hubungannya dengan keberadaan pabrik gula Kalimati di Batang yang ada di masa pemerintahan Belanda. Pabrik gula tersebut dulu terdiri dari dua lokasi, dan gudangnya ada di sekitar Karangasem Utara.
(Trisno Suhito/ CN40/ SM Network)

Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Heboh Juga

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search