CARI HOTEL/TIKET PESAWAT/KERETA API MURAH DAN PROMO!

Pegipegi

Jumat, 19 Agustus 2016

HEBOH! Foto Bocah 5 Tahun Korban Konflik Syiria

POJOKSULSEL.com – Sebuah foto anak-anak tidak berdosa begitu menggemparkan dunia. Dalam foto menyakitkan tersebut, Omran Daqneesh merupakan salah satu korban dari konflik berkepanjangan di Syria.

Itu yang hendak disuarakan aktivis-aktivis Syria saat memposting foto seorang anak lelaki yang selamat dari serangan udara ke sebuah gedung di Aleppo, Syria, Rabu (17/8/2016) lalu.

Dalam foto menyakitkan tersebut, terlihat Omran Daqneesh duduk membeku di dalam kursi ambulance. Dia baru saja diselamatkan dari reruntuhan rumahnya yang hancur akibat serangan udara. Darah masih terlihat di dahi bocah lima tahun tersebut. Seluruh tubuhnya diselimuti debu bekas reruntuhan. "Bocah yang tertegun dan wajahnya berdarah ini menambah horror di Aleppo," tulis anggota oposisi Syrian National Council Adib Shishakly.

Daqneesh seakan mengatakan pada dunia bahwa perang bukan hanya soal angka-angka korban tewas dan luka. Tapi ada ketidakpastian akan hidup dan trauma luar biasa pada para korban. Utamanya anak-anak seperti Daqneesh.

Pro-oposisi media center Aleppo (AMC) mengatakan kalau foto Daqnessh diambil di distrik Qaterji yang dikuasai pemberontak. Saat itu sebuah serangan udara Rusia menghantam dan menewaskan setidaknya tiga orang dan melukai belasan lainnya. "Kami menyelamatkannya bersama-sama," ujar fotografer Al Jazeera Mubashir Mahmoud Raslan yang mengambil foto tersebut kepada Associated Press. Ditambahkan Raslan, mereka menggotong tiga warga sipil yang tidak bernyawa sebelum menyelamatkan Daqness.

Video dan foto itu pun memicu shock dan kemarahan viral. Pagi ini (18/8) duta khusus untuk PBB di Syria Staffan de Mistura meminta langkah kemanusiaan dari kedua belah pihak, pemerintah dan oposisi. "Saya berharap, setidaknya selama 48 jam kekerasan berhenti agar bantuan kemanusiaan bisa disalurkan untuk dua juta masyarakat yang terjebak di sana," katanya seperti dilansir BBC (18/8) .

Sebelumnya, De Mistura walk out dari rapat dengan pasukan kemanusiaan PBB setelah delapan menit mengikuti pertemuan tersebut. Alasannya, karena tidak ada satu pun rombongan bantuan yang diizinkan masuk kawasan perang sejak baku tembak berlangsung awal bulan ini.


Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Heboh Juga

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search