CARI HOTEL/TIKET PESAWAT/KERETA API MURAH DAN PROMO!

Pegipegi

Selasa, 20 Desember 2016

Kaleidoskop 2016: 50 Berita Heboh Sepanjang 2016 (Bagian 2)

Pergantian tahun sudah di depan mata. Jika flash back ke awal tahun 2016, banyak kejadian yang menguras emosi kita. Dari gerhana matahari total hingga kasus perkosaan anak di bawah umur, berikut 10 kejadian yang menghebohkan—baik nasional maupun internasional—selama bulan Maret - April 2016.

1/ Gerhana Matahari Total
Peristiwa gerhana matahari total (GMT) yang terjadi pada tanggal 9 Maret 2016 begitu istimewa bagi Indonesia. Pasalnya, jalur gerhana sangat panjang, membentang dari Samudra Hindia hingga utara Kepulauan Hawaii, AS. Namun, hanya Indonesia yang dilewati GMT, sekaligus bisa melihatnya dengan jelas. GMT bisa disaksikan jelas di 12 provinsi pada pukul 07.20 WIB, 08.35 WITA, dan 09.50 WIT. Peristiwa GMT ini pun menjadi salah satu agenda wisata pada daerah yang dilaluinya.

2/ 10 Tahun Twitter
Media sosial microblogging Twitter tahun ini memasuki usia ke-10. Jejaring sosial yang khas dengan lambang burung warna birunya ini diciptakan oleh Jack Dorsey pada tanggal 21 Maret 2006. Selama 10 tahun, Twitter telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari internet di dunia. Hampir setiap pengguna media sosial pasti pernah memiliki akun Twitter. Pada perayaan ulang tahunnya kali ini, Twitter mengenalkan tagar #LoveTwitter bagi para pengguna yang ingin turut berbagi kebahagiaan telah memakai Twitter.

3/ Debby Susanto/Praveen Jordan Juara All England 2016
Pasangan ganda campuran Indonesia, Debby Susanto/Praveen Jordan, menjuarai All England 2016. Pada turnamen bulutangkis tertua di dunia ini, Debby/Praveen menang 21-12, 21-17 atas pasangan Denmark, Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen, pada hari Minggu, 13 Maret 2016. Kemenangan ini merupakan yang perdana bagi pasangan Debby/Praveen di turnamen tingkat super series.

4/ Leonardo DiCaprio Berkunjung ke Aceh
Tanpa banyak publikasi, Leonardo DiCaprio sudah menjejakkan kaki di Indonesia. Bukan ke Jakarta atau Bali, melainkan Aceh yang disambangi oleh Leo, tepatnya ke Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), Stasiun Penelitian Ketambe, Aceh Tenggara, pada hari Minggu, 27 Maret 2016. Namun, mereka tidak syuting untuk film Hollywood, melainkan film dokumenter, selain salah satu bentuk kepeduliannya pada ekosistem TNGL. Inilah alasannya kita perlu peduli pada TNGL seperti Leo.

5/ Pedangdut Irma Bule Meninggal Dipatuk Ular
Pedangdut asal Karawang, Jawa Barat, Irma Bule meninggal dipatuk ular kobra pada Senin, 4 April 2016. Irma sudah terbiasa manggung dengan menjadikan ular sebagai bagian dari atraksinya. Hari itu, Minggu, 3 April 2016 Irma sedang tampil di sebuah acara hajatan. Peristiwa ini mendapat perhatian dunia internasional. Media-media, dari Daily Mail, Huffington Post, hingga Time turut memberitakannya. Berikut 5 fakta tentang peristiwa tersebut.

6/ Drama Descendant of the Sun Selesai Tayang
Kamis malam, 14 April, KBS2 menayangkan episode terakhir drama Korea, Descendants of the Sun (Dots)—yang ratingnya meraih angka tertinggi yaitu 38,8%. Sejak kehadiran, drama ini langsung melejit, terutama karena dibintangi oleh Song Joong-ki dan Song Hye-gyo, dua aktor populer di Korea. Demam DoTS pun melanda negara-negara di dunia, seperti yang bisa disimak pada kejadian-kejadian unik seputar DoTS ini.

7/ Kasus Panama Papers
Kasus Panama Papers muncul ke permukaan, membuka kasus korupsi global hingga upaya-upaya penghindaran pajak dari beberapa pihak berpengaruh di dunia. Panama Papers adalah bocoran dokumen dari firma hukum Mossack Fonseca yang diperoleh surat kabar Jerman, SüddeutscheZeitung. Laporan ini diteruskan ke International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ) dan lalu diverifikasi oleh ratusan wartawan di 76 negara selama setahun. Ketahui sembilan fakta tentang Panama Papers di sini.

8/ Kasus Kekerasan Seksual pada Anak Perempuan
Kejadian memilukan tersebut menimpa seorang siswi SMP berusia 14 tahun di Padang Ulak Tanding, Rejang Lebong, Bengkulu, yang mengalami pemerkosaan hingga meninggal, awal April lalu oleh 14 pemuda. Peristiwa ini kembali membuka mata tentang kasus kekerasan seksual terhadap anak perempuan. Juga, menjadi landasan hukuman kebiri bagi pelaku pemerkosaan di Indonesia. Kecaman pun dilontarkan banyak pihak pada kejahatan seksual ini!

9/ Uji Coba Dihentikannya Sistem 3in 1
Pemberlakuan jalur 3 in 1 di beberapa ruas jalan protokol ibu kota yang sudah berjalan sejak tahun 2003. Sayangnya, nih, di saat macet belum terpecahkan, justru muncul masalah baru, yaitu maraknya joki liar, yang kadang mengeksploitasi bayi dan anak kecil. Inilah salah satu alasan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengusulkan uji coba pembebasan 3 in 1 pada tanggal 5-8 April 2016 dan 11-13 April 2016.

10/ Kasus Sonya Depari Mencatut Nama Pejabat
Seorang siswi asal Medan, Sonya Depari tiba-tiba ramai diperbincangkan. Pasalnya beredar video Sonya sedang melawan polwan yang menilang dirinya. Di video tersebut Sonya mengaku sebagai anak Irjen Arman Depari, Deputi Bidang Pemberantasan Badan Nasional Narkotika (BNN). Tujuannya tidak lain agar dia bisa lepas dari masalah penilangan. Akhirnya terungkap bahwa Arman Depari bukanlah ayah kandungnya, melainkan pamannya. Apa sebenarnya yang mendorong Sonya mengumbar nama pamannya? (f)
 

Baca juga:

50 Berita Heboh Sepanjang 2016 (Bagian 1)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Heboh Juga

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search