CARI HOTEL/TIKET PESAWAT/KERETA API MURAH DAN PROMO!

Pegipegi

Kamis, 30 Juni 2016

Heboh Bocah Cilik Nyanyikan 'Lelaki Kerdus', Ini Kata KPAI

Dream - Jagat maya dihebohkan dengan beredarnya video lagu berjudul 'Lelaki Kerdus'yang diunggah ke laman Youtube. Lagu yang dinyanyikan bocah bernama Nova Rizqi Romadhon itu pun memicu reaksi netizen.

Kebanyakan para pengguna internet berkomentar pedas tentang video yang diunggah akun Mas Bambang itu. Video lagu berirama dangdut itu berisikan tema dewasa yang rasanya tidak pantas dinyanyikan anak-anak. Lagu yang diciptakan Ahmad Sawadi itu berceritakan tentang ayah yang berselingkuh dan meninggalkan istri serta anaknya.

Anak-anak dalam video tersebut pun menyebutkan kata-kata yang tidak pantas. Video itu rupanya sudah dilihat lebih dari 7.400 kali setelah 17 jam diunggah.

Mengetahui hal ini, Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Asrorun Ni'am Sholeh pun angkat bicara. Asrorun menilai video tersebut tidak memiliki nilai edukasi untuk anak-anak.

"Lirik lagu 'Lelaki Kerdus' yang beredar sangat tidak pantas dinyanyikan seorang anak, karena temanya justru tidak memiliki nilai edukasi dan keadaban. Lagu dewasa itu terasa aneh dinyanyikan seorang anak. Apalagi ada bahasa yang kasar," tuturnya kepada Dream lewat pesan singkat whatsapp, Kamis 30 Juni 2016.

Asrorun juga menilai ada unsur eksploitasi dalam video tersebut. Dia menilai, pencipta lagu, produser, dan pihak terkait dengan produksi video tersebut jelas melakukan eksploitasi, perlakuan salah terhadap anak, serta tidak memiliki sensitifitas dan komitmen perlindungan anak. "Melanggar etika, kesusilaan dan kesopanan," ujarnya.

Diakui Asrorun, KPAI akan mengambil langkah tegas kepada pihak-pihak yang bertanggung jawab atas video tersebut. "KPAI telah mengambil langkah melakukan klarifikasi. Lirik lagu itu diciptakan karena kisah nyata seorang ibu dan anaknya di Bangkalan, Madura. Si ibu dan anaknya trauma sampai tak bisa berbicara," kata Asrorun.

Menyikapi peristiwa itu, KPAI pun meminta Pemda Bangkalan untuk merehabilitasi anak tersebut. "Anak mengalami trauma psikis akibat ayah yang tidak bertanggung jawab. Ayahnya dan istri keduanya meninggalkan anak tersebut dan sekarang ada di Bali," jelasnya.

 Ia juga menjelaskan, kasus-kasus seperti itu membuat pengawasan terhadap lirik lagu dan aksi panggung lebih diperketat. Hal ini dilakukan agar tidak lagi melanggar hukum dan kesusilaan.

 KPAI menegaskan ada tanggung jawab moral pegiat seni untuk memperhatikan aspek perlindungan anak. Kebebasan berekspresi tidak serta merta membolehkan perbuatan yamg melanggar etika, kesopanan, dan hukum," paparnya.

KPAI pun mendorong pegiat seni dan pencipta lagu untuk secara aktif mendedikasikan kemampuan dan kreatifitasnya. "Sajikan lagu-lagu anak yang kreatif, rekreatif dan edukatif serta mencerdaskan, sehingga ikut mewujudkan keadaban sesuai cita-cita pembangunan bangsa," pungkasnya.

Lirik yang Bikin Heboh...

Selanjutnya :

Heboh Bocah Cilik Nyanyikan Lelaki Kerdus, Ini Kata KPAI
Mulai Dari :

Heboh Lagu Anak-anak 'Lelaki Kerdus'

Berikan Reaksimu Tentang Artikel di Atas

0%

Alhamdulillah

0%

Masya Allah

0%

Wallahu a'lam

0%

Subhanallah

0%

Astaghfirullah

0%

Naudzubillah

Rekomendasi Pilihan

Suka artikel ini ?

RELATED NEWS

  • Heboh Bocah Cilik Nyanyikan Lelaki Kerdus, Ini Kata KPAI

    Bukan Pesta Mewah, Nikitta Willy Rayakan Ultah di Panti

  • Heboh Bocah Cilik Nyanyikan Lelaki Kerdus, Ini Kata KPAI

    Pengakuan Mengejutkan Anak Rossa

  • Heboh Bocah Cilik Nyanyikan Lelaki Kerdus, Ini Kata KPAI

    Jeritan Hati Aryani Fitria Tampil di Sinetron Tanpa Hijab

Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Heboh Juga

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search